Mencegah Bebagai Penyakit Dengan Olah Raga Jalan kaki

=== Ruang Iklan ==-

Artikel Kesehatan - 8 Manfaat Olah Raga Jalan kaki - Olah Raga Jalan kaki adalah kegiatan yang paling murah dan manfaatnya sungguh luar biasa, saat kita bekerja yang duduk saja di depan komputer mata cepat lelah, badan bagian leher, punggung dan pinggang serta paha terasa pegal dan sakit terutama bagian pinggang dan pantat.

Namum dengan berkalan kaki sekitar 15 menit sekedar pergi ke masjid menuneikan sholat wajib pegal dan capek itu terasa hilang dan diganti rasa nyaman juga segar. Ini contoh manfaat yang bisa kita rasakan secara langsung, apa lagi jika ini dilakukan secara rutin, pastinya banyak penyakit bisa dicegah dengan jalan kaki.

Olah raga jalan kaki mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan manusia. Olahraga jalan kaki lebih baik dilakukan di pagi hari, di saat udara masih segar dan bersih dari polusi. Namun banyak pula, yang enggan untuk melakukannya dengan alasan mengantuk dan dingin, dan lebih memilih tidur.

Berjalan kaki bagi sebagian orang mungkin melelahkan, tetapi bagi kebanyakan orang justru sangat digemari, karena berjalan kaki secara rutin dan kontinyu mampu mencegah berbagai macam penyakit berbahaya dalam tubuh. Olah raga ini, mempunyai banyak manfaat, diantaranya...


1. Menurunkan berat badan. 

Selama ini, banyak orang beranggapan berat badan yang berlebihan bisa jadi adalah momok bagi sebagian besar orang, karena selain mengurangi good look seseorang berat badan yang berlebihan juga sangat berpotensi terjangkit penyakit-penyakit mematikan seperti kolesterol dan jantung.

Yang memiliki masalah dengan obesitas, olahraga dengan berjalan kaki di pagi hari adalah solusi terbaik. Ya, berjalan kaki di pagi hari secara rutin dapat membakar kalori dalam tubuh anda karena semua otot tubuh bergerak. Pembakaran kalori tersebut akan lebih efektif lagi jika anda berjalan dengan cepat. Jadi mulailah bangun pagi dan jalan kaki secara rutin

2. Mencegah osteoporosis. 

Osteoporosis adalah penyakit tulang yang mempunyai sifat-sifat khas berupa massa tulang yang rendah, disertai mikro arsitektur tulang dan penurunan kualitas jaringan tulang yang dapat akhirnya menimbulkan kerapuhan tulang. Berjalan kaki di pagi hari mampu mencegah terjadinya pengeroposan tulang (osteoporosis) dalam tubuh anda.

Karena untuk menjaga kesehatan tulang tidak hanya dibutuhkan kalsium dan vitamin D saja. Tetapi gerakan badan secara menyeluruh seperti jalan kaki setidaknya 10.000 langkah setiap hari dan terkena sinar matahari pagi sekitar 15 menit sehari, membuat tulang lebih lama bertahan dari ancaman osteoporosis.

3. Mencegah serangan jantung. 

Perlu diketahui, serangan jantung adalah salah satu donatur terbesar penyebab kematian manusia. Jika jantung berhenti maka seseorang akan berhenti pula. Begitu berbahayanya penyakit jantung membuat sebagian rela melakukan apa saja untuk mengobatinya. Nah, bagi yang ingin memiliki jantung sehat maka berjalan kakilah setiap hari pagi atau sore hari secara rutin.Berjalan kaki secara cepat (tergopoh-gopoh) mampu mencegah penyakit jantung yang sangat mematikan tersebut.

Berjalan kaki secara cepat akan memperderas aliran darah ke dalam koroner jantung, dan ini sangat baik bagi kinerja jantung karena otot jantung membutuhkan aliran darah lebih deras (dari pembuluh koroner yang memberinya makan) agar bugar dan berfungsi normal memompakan darah tanpa henti. Dengan kondisi seperti ini maka oksigen yang dibutuhkan jantung akan tercukupi dan menjaga jantung tetap bekerja secara normal. Serangan jantung bisa anda hindari dengan olahraga berjalan kaki secara tergopoh-gopoh ( tidak pelan dan tidak terlalu cepat).

4. Turunkan kolesterol. 

Berjalan kaki secara tergopohgopoh akan membuat tekanan darah anda menjadi rendah dan mengurangi pelengketan antarsel darah yang bisa mengakibatkan gumpalan bekuan darah yang menyumbat pembuluh darah. Berjalan kaki juga mampu menurunkan kolesterol, karena saat tubuh bergerak (berjalan kaki) maka kolesterol baik (HDL) yang bekerja sebagai spons penyerap kolesterol jahat (LDL) akan meningkat.

5. Mencegah Diabetes ( Kencing Manis). 

Kencing manis (diabetes) tipe 2 biasanya diderita oleh orang yang gemuk. Nah, untuk menjaga agar kadar gula dalam tubuh tetap stabil, bisa melakukan jalan kaki setiap pagi dan sore secara rutin. Menggerakkan badan secara rutin terbukti mampu menjaga kadar gula dalam tubuh sehingga tidak perlu minum obat diabetes lagi. Berjalan kaki yang dinyatakan mampu mencegah diabetes adalah dengan kecepatan 6 km/jam dan dilakukan selama 50 menit. (Ini hasil studi National Institute of Diabetes and Gigesive & Kidney Diseases).

6. Mencegah stroke. 

Orang yang hidup di zaman dahulu, jarang yang terkena stroke. Sebab, makanan dan pola hidup mereka yang berbeda dengan saat ini. Mereka (di zaman dahulu) hampir selalu berjalan kaki untuk bepergian kemanamana karena alat transportasi belum ada, maka tubuh mereka lebih bugar dan terhindar dari penyakit stroke. Studi terbaru menyatakan bahwa berjalan kaki 20 jam dalam seminggu mampu menurunkan risiko serangan stroke sebanyak 2/3.

7. Tubuh kebal. 

Selain untuk menjaga agar tubuh selalu sehat dan bugar, berjalan kaki juga bermanfaat, terhadap kekebalan tubuh. Berjalan kaki 3 kali dalam seminggu mampu meningkatkan kebugaran dan menjaga sistem pernapasan secara signifikan. Dengan kondisi tubuh yang fit / bugar maka akan berbanding lurus dengan meningkatnya kekebalan tubuh.

8. Hilangkan depresi.

Berjalan dapat membantu anda mengurangi stres karena masalah yang anda hadapi. Selama berjalan, rasa kekhawatiran anda tentang kehidupan sehari-hari akan berkurang karena otak melepaskan endorfin. Hormon endorfin adalah senyawa kimia yang membuat seseorang merasa senang. Endorfin diproduksi oleh kelenjar pituitary yang terletak di bagian bawah otak.

Hormon ini bertindak seperti morphine, bahkan dikatakan 200 kali lebih besar dari morphine. Endorfin atau Endorphine mampu menimbulkan perasaan senang dan nyaman hingga membuat seseorang berenergi.maka, mari kita mulai sekarang melakukan jalan kaki secara rutin.

Begitulah manfaat dari olah raga jalan kaki, walaupun terlihat sepele namun manfaatnya luar biasa bagi kesehatan tubuh kita, mari kita galak-kan olah raga jalan kaki...

== Ruang Iklan ==
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

~ Hi, I am a person who likes called bloggers ~ Writing is fun, through this website I share the knowledge and experience of my life. Thank you for your visit, I hope you get the information you want..

Related : Mencegah Bebagai Penyakit Dengan Olah Raga Jalan kaki

Komentar Gunakan Akun Facebook

Back To Top