Baca Disini Semua Tentang Virus Zika

=== Ruang Iklan ==-

Info Kesehatan Tentang Virus Zika - Dalam beberapa pekan ini media Televisi memberitakan tentang Virus Zika, Lalu apa pengertian dari pada virus zika ini? Apa saja gejala dan ciri ciri terkena virus Zika ini? Bagaimana cara mencegah dan mengobati virus  Zika? untuk lebih jelasnya sebaiknya anda baca surat edaran dari departemen kesehatan RI ini..


1. Apakah virus Zika itu? 

  • Virus Zika merupakan salah satu virus dari jenis Flavivirus. Virus ini memiliki kesamaan dengan virus dengue, berasal dari kelompok arbovirus. 

2. Bagaimana cara penularan virus Zika? 

  • Virus Zika ditularkan melalui gigitan nyamuk. Nyamuk yang menjadi vektor penyakit Zika adalah nyamuk Aedes, dapat dalam jenis Aedes aegypti untuk daerah tropis, Aedes africanus di Afrika, dan juga Aedes albopictus pada beberapa daerah lain. Nyamuk Aedes merupakan jenis nyamuk yang aktif di siang hari, dan daoat hidup di dalam maupun luar ruangan. Virus zika juga bisa ditularkan oleh ibu hamil kepada janinnya selama masa kehamilan. 

3. Siapa yang berisiko terinfeksi virus Zika? 

  • Siapapun yang tinggal atau mengunjungi area yang diketahui terdapat virus Zika memiliki risiko untuk terinfeksi termasuk ibu hamil. 

4. Apa saja gejala infeksi virus Zika? 

  • 1 diantara 5 orang yang terinfeksi virus zika menunjukkan gejala. Adapun gejala infeksi virus zika diantaranya demam, kulit berbintik merah, sakit kepala, nyeri sendi, nyeri otot, sakit kepala, kelemahan dan terjadi peradangan konjungtiva. Pada beberapa kasus zika dilaporkan terjadi gangguan saraf dan komplikasi autoimun. Gejala penyakit ini menyebabkan kesakitan tingkat sedang dan berlangsung selama 2-7 hari. Penyakit ini kerap kali sembuh dengan sendirinya tanpa memerlukan pengobatan medis. Pada kondisi tubuh yang baik penyakit ini dapat pulih dalam tempo 7-12 hari. 

5. Apakah ada komplikasi yang ditimbulkan dari infeksi virus Zika? 

  • Pada beberapa kasus suspek Zika dilaporkan juga mengalami sindrom Guillane Bare. Namun hubungan ilmiahnya masih dalam tahap penelitian. 

6. Apa jenis pemeriksaan virus Zika untuk ibu hamil? 

  • Pada minggu pertama demam, virus Zika dapat dideteksi dari serum dengan pemeriksaan RT-PCR. 

7. Apakah sudah ada vaksin atau obat untuk virus Zika? 

  • Belum ada vaksin atau pengobatan spesifik untuk virus ini, sehingga pengobatan berfokus pada gejala yang ada. 

8. Apa yang harus dilakukan jika terinfeksi virus Zika? 

Jika terinfeksi virus Zika, maka lakukan hal-hal sebagai berikut:
  1. Istirahat cukup 
  2. Konsumsi cukup air untuk mencegah dehidrasi 
  3. Minum obat-obatan yang dapat mengurangi demam atau nyeri 
  4. Jangan mengkonsumsi aspirin atau obat-obatan NSAID (non stereoid anti inflmation) lainnya. 
  5. Cari pengobatan ke pelayanan kesehatan terdekat. 

Itulah informasi lengkap mengenai virus zika yang selama beberapa pekan ini sering diberitakan di berbagai media khususnya televisi.

sumber: www.depkes.go.id/

== Ruang Iklan ==
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

~ Hi, I am a person who likes called bloggers ~ Writing is fun, through this website I share the knowledge and experience of my life. Thank you for your visit, I hope you get the information you want..

Related : Baca Disini Semua Tentang Virus Zika

Komentar Gunakan Akun Facebook

Back To Top