Perlukah Menukarkan e-ID Bpjs Dengan Kartu Bpjs Kesehatan

=== Ruang Iklan ==-

Info Bpjs Kesehatan - Perlukah / Wajib-kah Menukarkan e-ID Bpjs dengan Kartu Bpjs Kesehatan?, Sahabat semua yang pernah daftar Bpjs Kesehatan secara Online pasti mendapatkan e-ID Bpjs berupa file Pdf yang kemudian di cetak atau di print out menjadi selembar kertas biasa. Walaupun sudah punya e-ID mereka masih bingung dan ragu perlukah ke-kantor Bpjs untuk mendapatkan kartu Bpjs Kesehatan yang asli, sementara mereka malas untuk kekantor Bpjs karena ngantri atau jauh dari tempat tinggal sehingga waktu untuk bekerja tersita dijalan yang mungkin macet dan ngantri. Sebenarnya dengan adanya e-ID Bpjs Kesehatan pemerintah telah memudahkan kita, karena kita masih ragu silakan baca beberapa pertanyaan tetang e-ID beserta penjelasanya di bawah ini...


1. Apa bisa e-ID Di Tukar dengan Kartu BPJS Kesehatan yang asli?

Tentu bisa, namun hal itu tidak harus dilakukan, mengingat fungsi dan kegunaan e-ID sama saja dengan kartu BPJS Kesehatan yang biasa. Namun jika Anda tetap ingin menukarnya, Anda dapat mendatangi Kantor Cabang BPJS Kesehatan terdekat.

2. Apa Perbedaan e-ID dengan kartu BPJS Kesehatan?

Tidak ada perbedaan dari segi kegunaan. Baik e-ID maupun kartu BPJS Kesehatan yang biasa sama-sama dapat digunakan untuk memperoleh layanan kesehatan di fasilitas kesehatan. Kartu e-ID ini sama sahnya, sama validnya, dengan kartu BPJS Kesehatan yang biasa. Kartu e-ID juga bisa dicetak dengan tinta hitam saja (tidak harus berwarna) di kertas HVS/A4 biasa.

3. Bagaimana cara menggunakan e-ID untuk berobat?

Seperti kartu Bpjs yang asli, Anda cukup menunjukkan e-ID dan identitas diri lainnya seperti KTP untuk mendapatkan pelayanan kesehatan di berbagai fasilitas kesehatan.

4. Jika salah mengisikan data pada saat melakukan pendaftaran online? Bisakah  mengubah data yang sudah isikan?

Bisa saja tapi khusus Faskes dan Kelas Bpjs anda perlu waktu lama, perubahan data hanya bisa dilakukan di Kantor BPJS Kesehatan cabang terdekat. Oleh karena itu, kami sarankan supaya Anda segera melapor dan mengurus perubahan data Anda di sana, sehingga Anda dapat memperoleh pelayanan kesehatan sesuai dengan hak Anda. Sekedar untuk berjaga-jaga, kami sarankan pula pada Anda untuk membawa fotocopy KTP, fotocopy Kartu Keluarga, dan pasfoto ukuran 3x4 dua lembar saat mengunjungi Kantor BPJS Kesehatan cabang terdekat.

5. Kenapa File Pdf e-ID Ada yang kosong?

Kemungkinan  terdapat data tentang fasilitas kesehatan yang belum diisi lengkap, seperti lokasi fasilitas kesehatan tingkat pertama, dokter keluarga, dan atau nama dokter gigi (jika Anda memilih dokter keluarga sebagai fasilitas kesehatan tingkat pertama). Oleh karenanya, kami sarankan Anda segera mengunjungi Kantor BPJS Kesehatan cabang terdekat untuk melengkapi data dan mencetak e-ID Anda, sebab seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, perubahan data peserta hanya dapat dilakukan di Kantor Cabang BPJS Kesehatan.

6. Kenapa link aktivasi saya di folder spam tidak bisa diklik?

Untuk masalah tersebut coba email tersebut Anda dipindahkan ke folder inbox terlebih dahulu, kemudian klik refresh, dan klik kembali link tersebut.

Itulah pertanyaan dan penjelasanya seputar e-ID Bpjs Kesehatan, Jadi intinya anda tidak wajib menukarkan e-ID Bpjs dengan kartu Bpjs Asli, tapi jika anda ingin mendapatkan kartu Bpjs kesehatan silakan datang saja ke kantor Bpjs agar lebih tenang dan mungkin dengan adanya kartu bpjs bisa lebih nyaman untuk dibawa di dalam dompet...

sumber : http://www.kompasiana.com/

== Ruang Iklan ==
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

~ Hi, I am a person who likes called bloggers ~ Writing is fun, through this website I share the knowledge and experience of my life. Thank you for your visit, I hope you get the information you want..

Related : Perlukah Menukarkan e-ID Bpjs Dengan Kartu Bpjs Kesehatan

Komentar Gunakan Akun Facebook

Back To Top